12 Agustus 2010

Puasa bagi ibu hamil, amankah??

Bulan suci ramadhan tlah tiba, segenap umat muslim di seluruh dunia bersuka cita menyambut datangnya bulan suci yang penuh berkah ini. Namun ada sedikit ganjalan bagi anda yang sedang hamil....ikut puasa nggak ya??

Rasanya koq tidak afdhol jika tidak menjalankan ibadah puasa, sementara sebagian besar yang lain berlomba-lomba meningkatkan amalan ibadahnya. Puasa bagi ibu hamil boleh koq, bahkan dianjurkan, khususnya bagi ibu hamil yang sehat.

dr. Frizar Irmansyah, SpOG (K), dokter spesialis kebidanan dan kadungan RSPP & RSIA Hermina menyatakan puasa bagi ibu hamil yang sehat malah dianjurkan. Tujuannya untuk melatih janin dalam kandungan untuk beribadah. "TAPI pastikan ibu hamil cukup sahur dan berbuka dengan makanan yang bergizi untuk makan berdua", ujar dr. Frizar.

Jadi sepanjang anda merasa fisik cukup prima untuk berpuasa, just do it! Ada beberapa kiat agar stamina tetap prima saat berpuasa bagi ibu hamil, antara lain :

1. Pastikan ibu hamil sehat, artinyatidak terdapat penyakit atau gangguan kehamilan yang membahayakan janin dan ibu hamil. Selain itu, usia kehamilan telah melewati masa krisis pertama, atau setelah berusia di atas 3 bulan.

2. Saat sahur konsumsi makanan yang bergizi, seperti nasi (karbohidrat) yang cukup, lauk pauk sesuai selera dengan proporsi protein dan serat yang seimbang, vitamin C, kalsium, zat besi, B-12, dan cukup minum.

3. Siang hari simpan energi, bukan berarti bermalas-malasan, apalagi jika anda ibu bekerja. Lakukan olahraga ringan misalnya jalan-jalan saat istirahat kantor, peregangan atau bahkan senam hamil. Lakukanlah 10 - 30 menit untuk jalan, 30 - 45 menit untuk senam hamil, dengan frekuensi 3-4 kali seminggu. Jika jam istirahat tidak memungkinkan, lakukan sore hari sepulang kantor.

4. Saat berbuka puasa, segera santap makanan pembuka yang manis-manis. Setelah itu dilanjutkan dengan makan besar yang kaya gizi.

5. Konsumsi makanan dalam kondisi hangat, karena perut yang kosong dan sedang hamil biasanya lebih peka saat menerima makanan dingin.

Nah! Jadi lebih yakin untuk ikut berpuasa kan??


Source : http://www.hanyawanita.com/_mother_child/pregnancy/article.php?article_id=5872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar