06 Desember 2008

I ('m trying to) Love Vegetables


Sayuran sangat bagus sekali bagi tubuh kita, dan sebagai orang tua, sebaiknya kita mendidik dan mengarahkan anak-anak untuk memakan sayuran setiap hari karena disamping baik untuk masa pertumbuhan, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya sangat baik bagi tubuh kita. Bagaimana caranya supaya si Kecil mau makan sayuran? Berikut ini adalah tips untuk menyiasati dan membuat si Kecil mau dan gemar makan sayuran.

Faktor yang paling penting yang mempengaruhi adalah sikap Anda sendiri, berikanlah contoh pada si Kecil dengan ikut memakan sayuran secara rutin. Hindari memaksa mereka untuk memakan sayur-sayuran. Ajarkannya untuk mencoba makan sayur-sayuran dalam satu sendok penuh, namun jangan bersedih jika ia menolaknya. Dengan sendirinya, ia akan berusaha untuk mencoba kembali, jadi tetap kenalkan padanya berbagai makanan dari waktu ke waktu. Dan perlu diingat, biasanya si Kecil akan belajar mengapa nutrisi itu penting bagi tubuhnya. Anda bisa mendidiknya dengan sering mengatakan bahwa : "Sayuran itu enak lho, dan bisa membuat tubuh kita sehat dan juga bertambah besar dan kuat".

Beberapa trik yang dapat dilakukan

1.    Tambahkan sedikit sayuran untuk makanan yang dibeli ditoko, atau makanan yang sudah siap saji

2.    Hidangkan sayur-sayuran di piring seperti salad sayur, salad buah, sebelum makanan utama, dan disaat ia sedang lapar-laparnya.

3.      Selalu siapkan sayur-sayuran segar seperti tomat, daun selada, wortel, di dalam lemari pendingin Anda, jadi disaat Anda membutuhkannya untuk membuatkan kudapan atau camilan bagi si Kecil, bahan-bahannya telah tersedia di lemari pendingin Anda.

4.    Selalu siapkan juga dressing untuk salad, seperti thousand island, dan bisa juga ditambahkan saus keju untuk menambah selera.

5.    Anda bisa juga membuat kentang lumat (sweet smashed potatoes), kentang juga mengandung banyak vitamin terutama vitamin A

6.    Cobalah ajak si Kecil untuk berkreasi membuat salad atau sandwich kesukaannya, dengan menggunakan

7.    Cobalah untuk tidak memasak sayur-sayuran terlalu matang untuk menjaga rasa dan keutuhan vitamin.

8.    Cobalah untuk mengenalkan sayur-sayuran kepada si Kecil, cobalah untuk menghidangkan menu sayuran setiap harinya dengan menu yang berbeda-beda dan tentunya disajikan dengan menarik.

9.    Ajaklah si Kecil untuk ikut berkreasi dalam menghidangkan menu sayuran, seperti ajarkan si Kecil untuk mencuci sayuran, atau ajarkan anak Anda yang lebih besar untuk memotong sayuran, atau ajarkan cara memilih sayur-sayuran yang baik dan segar).

10. Cobalah untuk menanam tanaman sayuran di pekarangan Anda, ajak si Kecil untuk ikut melakukan aktifitas ini.

11. Membuat muffin bersama-sama dengan si Kecil dengan menambahkan sedikit campuran adonan labu kedalamnya, atau wortel.

12. Cobalah untuk memasukkan daun selada, irisan tomat, atau irisan wortel ke dalam sandwich tuna, daging, atau ayam.

13. Cobalah untuk menambahkan sayuran beku yang sudah siap saji kedalam campuran salad, spageti, soup atau lasagna.

14. Cobalah untuk membuat pizza bersama si Kecil dengan menambahkan toping sayur-sayuran, seperti brokoli, bayam, ditambah juga dengan toping saus tomat.

Source : www.raisingchildren.net.au on www.kafebalita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar